Curug Cilember | Weekend Getaway

post ini ditulis untuk mengingat perjalanan bulan lalu yang menyenangkan. perjalanan ke Curug Cilember :D salah satu opsi destinasi weekend getaway from Jakarta.

perjalanan yang berawal dari iseng2 mencari lokasi “bermain” yang beda =)) dan sekalian karena pengen banget ngeliat yang hijau hijau gitu, juga pengen jalan-jalan yang beneran jalan. akhirnya diberikanlah gw beberapa pilihan tempat untuk dikunjungi di akhir pekan, yang dari beberapa pilihan tersebut, jatuhlah kepada Curug Cilember untuk dikunjungi :D

kawan bermain gw kali ini seperti biasa, Fauziah. luar biasa nih memang kalo bermain sama kawan satu ini. haha karena emang cuman sama dia ini gw bisa melakukan hal-hal yang gw gak biasa lakukan. seperti perjalanan kali ini, TRACKING DENGAN JALUR MENANJAK T.T

sebelum perjalanan tuh gw udah nyari-nyari video youtube kiranya gimana medan Curug Cilember ini. ya namanya tracking ya pasti jalan jauh gitu intinya sih, tapi tetep gw butuh tau persiapan seperti apa yang gw butuhkan. at least mentally lah. dan di youtube gak ada video yang benar-benar menggambarkan perjalanan menuju ke seluruh tujuh curug yang ada di kawasan ini. dan setelah gw melakukannya, ini beberapa alasan yang mungkin kenapa jarang ada vlog lengkap terkait tujuh Curug Cilember:

Curug 7 Cilember

CURUG 7

Curug 7 ini curug yang paling dekat kita dapat kunjungi begitu memasuki kawasan Curug Cilember. emang sebentar sih menuju curug ini, tapi karena jalan yang sedikit menanjak (beneran sedikit kalo dibandingan jalan ke curug selanjutnya T.T) yah lumayan buat ngos2an juga bagi gw yang jompo ini :D tapi memang sih, baru curug yang paling bawah aja uda bagus – apalagi bagi gw yang jarang2 menjelajahi alam dan yang lebih sering melihat pemandangan kota. jadi ya karena sudah merasa puas dengan keindahan Curug 7, memang kebanyakan pengunjungan hanya menikmati curug ini dan melanjutkan perjalanan mereka ke curug selanjutnya.

MENUJU PUNCAK

pengunjung yang melanjutkan perjalanan dari curug 7 ke curug 5 sih kebanyakan kalo gw perhatikan sih memang yang niat tracking, perjalanan dengan sekelompok teman, dan iseng aja karena masih muda. eh satu lagi kategori gw karena gw merasa tidak ketiganya hahah yaitu sayang aja uda sampe sini :p

dan perjalanan dari curug 7 ke curug 5 ini cukup jauh dan menanjak :D walaupun memang jalurnya uda dibuatin, beneran jalan yang dikasih batu2, undakan seperti tangga di jalanan menanjak, dan cukup lebar untuk dua sampai tiga orang sejajar. tapi tetep ajaa, beberapa kali gw berhenti di ujung jalan menanjak wkwk kembali mengatur napas =))

Jalur Curug 7 – Curug 5 Cilember

sampai akhirnya >1km berjalanan menanjak, sampai juga di curug 5 (gak tau ini digabung sama curug 6 atau curug 6 ada dimana). BAGUS GUYSS. hahah. gak lebih lebar dari curug 7, tapi lebih berundak dan lebih tinggi. di area ini juga terlihat seperti ada rumah (mungkin warrung), tikar yang tergelar untuk duduk santai, juga area berkemah.

Curug 5 Cilember

setelah puas mengambil foto, kami tanya2 mengenai curug lain setelah curug 5 ke pengunjung lain. dan diputuskanlah untuk melanjutkan perjalanan MENUJU PUNCAK :D

akhirnya gw merasakan gimana itu ulat bulu menuju pucuk daun teh wkwk menanjak yang kayak gak ada ujung dan tingkat kemiringannya hampir 90 derajat hm. karena ini gw pertama kali, jadi maklum mendramatisir hahaa dan ya memang ini jadinya kenapa gak ada orang2 yang mendokumentasikan perjalanan mereka menuju puncak haha.

pucuk pucuk~

CUKUP MASALAH HIDUP SAJA YANG SULIT

jangankan kepikiran ngevlog yaaa ternyata orang2 yang melakukan perjalanan ke sini, ini kepikiran sampe atas apa enggak aja masih gak jelas :D

di tengah perjalanan, ketemu beberapa orang yang pergi turun. karena tidak ada petunjuk arah berapa jarak yang harus ditempuh, bertanyalah kita kepada orang2 tersebut – yang ternyata mereka di tengah perjalanan memutuskan putar balik karena medan yang licin dan ngerasa gak nyampe2. hmm gw mulai meragukan diri sendiri haha. tapi Fauziah malah makin penasaran. akhirnya lanjut untuk melakukan pembuktian. yak yak.. ternyata memang beginilah medannya. hahah BAYANGIN YAAAA INI GW PERTAMA KALI YAAAHH.

sambil tetap melanjutkan perjalanan menanjak yang licin, gw berpikir ini ada yaaa orang yang suka hiking di jalan2 sulit gini mencari tantangan. weiii hellooo ini masalah hidup merasa punya saingan -_-‘

sulit sih, tapi ya gw gak tau lanjut2 aja karena ada Fauziah yang nyemangatin kali yah daaannnn tongkat ajaib penambah kekuatan =))

Dika dan tongkat ajaib :D

dari segala upaya menuju Curug 2, terbayar sih dengan keindahan curug tersebut. walaupun pas sampai, hawanya beda wkwk cuman kita berdua doang. gak ada tanda2 kehidupan lainnya. mistis aja. hhe takut juga main2 air karena kalo kenapa2 nanti gak ada yang bantuin =)) makannya foto2 aja sambil istirahat sejenak.

Curug 2 Cilember
Pemandangan di Curug 2 Cilember

suasana agak lebih menenangkan setelah ada pengunjung lain yang tiba di tempat tersebut. sekalian tanya2 keberadaan Curug 3 dan 4. yang akhirnya ketika perjalanan turun, kita mampir ke Curug tersebut. oh kata bapak pemandu yang kita tanya, jalan ke Curug 1 ditutup jadi Curug 2 itu curug yang paling atas yang kita kunjungi.

Curug 3 Cilember
Curug 4 Cilember

Curug-curug di Curug Cilember ini karakternya memang beda-beda. but personally, kalo boleh memilih, entah gw begitu suka duduk lebih lama menikmati pemandangan Curug 3 :D

Curug 3 Cilember

setelah semua curug dikunjungi, kami turun ke pintu masuk Curug Cilember dengan jalur yang berbeda di Curug 5. dan tanpa mampir ke taman burung yang lewati di tengah perjalanan. kalo baca2 sih kawasan ini ada taman burung, kupu2 gitu untuk pengunjung bisa nikmati. mengingat gw cukup disukai hewan yang terbang (selama perjalanan menuju puncak, beberapa kali diikuti tawon) – dan Fauziah disukai pacet (beberapa kali kakinya ditempeli pacet :O)

***

yak sekian kisah dari perjalanan Curug Cilember. oh lupa bilang. gw ke Curug Cilember dijemput Fauziah di Lebak Bulus. dan menuju Curug Cilember membutuhkan waktu 1.5 jam. 06:30 dari Lebak Bulus, 08:00 sudah sampai di pintu masuk Curug Cilember. tiket masuk Rp25.000/orang, tiket parkir mobil lupa (5000 apa yah?).

Tiket Masuk Curug Cilember

dan karena kita ke Curug Cilember yang di daerah Puncak ini hari Minggu, jadi kita begitu selesai tracking (11:30~ AM) memutuskan untuk mampir dulu dimana gitu – yang akhirnya jatuh kepada Masjid At-Taawun. wkwk optimis sekali memang yah, ternyata masjid yang kita masih harus tempuh naik ke atas begitu keluar ke jalan utama dan ada di sebelah kanan jalan dari arah mobil saat ini, tidak bisa kita kunjungi. jalur turun berhenti tidak bergerak. gak bisa ke kanan sama sekali haha. akhirnya kita berhenti di warung makan tahu sumedang, setelah perjalanan pasrah menelusuri jalur sebelah yang macet gak ada ujungnya wkwk. di warung ini kita isoma sambil memandang jalan dan menunggu rombongan pak polisi yang menandakan jalur buka tutup. wah, senang bukan main itu pas rombongan pak polisi lewat (15:00).

indomie rebus, teh anget, tahu sumedang :9

di tengah perjalanan, kita sempat mampir di pom bensin dan cimory untuk solat dan beli jajanan. sampai di Pasar Rebo pukul 21:00 an nampaknya. gw lanjut busway sampai Lebak Bulus dan lanjut gojek dengan batre 1% pas order dan nunggu T.T alhamdulillah selamat sampai rumah. dan menikmati kaki kaku esok harinya selama kurang lebih 3 sampai 5 hari hahaha.

tapi perjalanan ini begitu menyenangkan dan berkesan sih emang. apalagi bagi gw yang jarang-jarang memilih perjalanan yang menyusahkan diri sendiri gini wkwk. but anyway, boleh dicoba kapan2 lagi (kalo bisa tanpa macet pas pulang dan jalan menanjak apalagi licin =)) ) dan pastinyaaaa special thanks to FAUZIAH udah mau jemput, nyupir sampe tempat tujuan (yang sulit saudara2 di perjalanan masuk dekat curug), nyupir lagi di perjalanan pulang yang super duper macet, dan dianterin sampe Pasar Rebo pula kaaan. uda gitu, selama perjalanan selalu nyemangatin (dan ngeledekin) yaaaah wkwk

see yaa on the next journey!!!

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑